TEMA PROYEK KREATIF: LANSIA BAHAGIA DI KOTA BANDUNG

Menjadi lansia tidak selalu identik dengan lemah dan kesepian. Sejak 2017, Kota Bandung akan memiliki unit khusus yang dibentuk untuk melayani para lansia (Perhatian Pemkot Bandung Kepada Lansia Sudah Ada dan Makin Keren, 2017). Unit yang berada di bawah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan ini, bertugas untuk membina dan memberikan kegiatan-kegiatan positif bagi para lansia (Perdana, 2017). Inisiatif ini diluncurkan pada saat yang tepat bila menilik perkembangan wisata lansia di Indonesia. Berbeda dengan Jepang, lansia merupakan segmen pasar pelanggan yang dinilai belum terlayani dengan baik di Indonesia (Evi, 2016). Bandung merupakan kota yang dianggap sangat potensial bagi pengembangan wisata lansia meskipun cukup banyak sarana dan prasarana yang masih perlu disediakan (Evi, 2016). Punya ide?

Referensi:

Evi. (2016). Bandung dan Yogyakarta Menjadi Target Berikutnya Wisata Lansia. Diambil dari indonesiatripnews.com: https://indonesiatripnews.com/berita/2016/09/2738/

Perdana, Putra P. (2016). Ridwan Kamil Bikin Unit Kerja Baru Khusus Mengurusi Lansia. Diambil dari tempo.co: https://m.tempo.co/read/news/2016/10/17/058812817/ridwan-kamil-bikin-unit-kerja-baru-khusus-mengurusi-lansia

Perhatian Pemkot Bandung Kepada Lansia Sudah Ada dan Makin Keren. (2017). Diambil dari tribunjabar.co.id: http://jabar.tribunnews.com/2016/10/18/perhatian-pemkot-bandung-kepada-lansia-sudah-ada-dan-makin-keren-pada-2017

Leave a Reply